KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
A. KISI-KISI
UJIAN NASIONAL SD/MI
1. BAHASA INDONESIA SD/MI
NO.
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
NO. SOAL
|
1.
|
Membaca
Membaca
berbagai teks nonsastra berupa teks
sederhana,
laporan,
pengumuman,
petunjuk
pemakaian,
ringkasan,
makna kata,
dan rubrik
khusus, serta
berbagai karya
sastra berupa
puisi,
dongeng,
cerita anak, dan
drama
anak.
|
Disajikan teks
bacaan 3 – 4 paragraf, siswa dapat:
•
menjawab pertanyaan dengan kata tanya (apa, siapa,
bagaimana, atau mengapa)
•
membuat kalimat tanya sesuai dengan isi salah satu
paragraf
•
menentukan ide pokok salah satu paragraf
•
menentukan kalimat yang sesuai dengan salah satu
paragraf.
|
1,2
3
4
5
|
Disajikan
petunjuk penggunaan obat, siswa dapat menjelaskan penggunaan
obat sesuai dengan tingkatan umur.
|
6
|
||
Disajikan
petunjuk penggunaan sebuah produk yang diacak, siswa
dapat mengurutkan dengan susunan yang tepat.
|
7
|
||
Disajikan
rubrik khusus surat pembaca, siswa dapat
menentukan
kalimat saran dengan tepat.
|
8
|
||
Disajikan
cuplikan pengumuman, siswa dapat menentukan isinya.
|
9
|
||
Disajikan teks
drama, siswa dapat:
•
menentukan
tokoh utama
•
menentukan
latar
• menentukan
amanatnya.
|
10
11
12
|
||
Disajikan
paragraf yang terdiri atas 4 kalimat, siswa dapat menentukan
kalimat utamanya.
|
13
|
||
Disajikan teks
percakapan, siswa dapat menyimpulkan isinya.
|
14
|
||
Disajikan
sebuah paragraf, siswa dapat:
•
menyusun pernyataan yang sesuai dengan isi paragraph
•
mengartikan salah satu kata sulit dalam kalimat.
•
Menentukan antonim salah satu kata yang terdapat
di dalam paragraf.
|
15
16
17
|
||
Siswa dapat
menentukan peribahasa sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.
|
18
|
||
Siswa dapat
menentukan ungkapan sesuai dengan ilustrasi yang disajikan.
|
19
|
||
Disajikan
pantun, siswa dapat menentukan pesan yang
terkandung di
dalamnya.
|
20
|
||
Disajikan dua
teks, siswa dapat menentukan persamaannya
|
21
|
||
Disajikan
jadwal perjalanan beberapa kendaraan berbagai jurusan, siswa
dapat:
•
membuat pernyataan sesuai dengan isi jadwal
•
menentukan kendaraan tertentu yang tepat sesuai
dengan tujuan
|
22
23
|
||
Disajikan
puisi, siswa dapat menentukan isi/ maksud yang
terkandung di
dalamnya.
|
24
|
||
Disajikan
cuplikan cerita anak, siswa dapat menyimpulkan isinya.
|
25
|
||
Disajikan
cuplikan laporan, siswa dapat:
•
menentukan
isinya
•
memperbaiki
kalimat yang salah strukturnya.
|
26
27
|
||
Disajikan
percakapan dua atau tiga orang, siswa dapat
menentukan
topiknya.
|
28
|
||
Disajikan teks
satu paragraf, siswa dapat:
•
menentukan
ringkasannya
•
menentukan
temanya
•
menentukan
pesan yang terkandung di dalamnya.
|
29
30
31
|
||
Disajikan teks
puisi pendek, siswa dapat:
•
menentukan
pernyataan sesuai dengan isi puisi
•
menentukan
makna kata pada puisi yang disajikan.
|
32
33
|
Bersambung...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
1. Silakan tulis komentar, jangan lupa identitas
2. Di bawah kotak komentar ada tulisan "Beri komentar sebagai:"
3. Klik anak panah ke bawah, pilih profile anda (Anonymus: nama tak dikenal)
4. Klik Publikasikan